Header Ads

Ad Home

Hotel Tempat Jokowi Menginap di Hong Kong Jadi Sasaran Aksi Demo TKI yang Kecewa

Hotel Tempat Jokowi Menginap di Hong Kong Jadi Sasaran Aksi Demo TKI yang Kecewa
NegeriNews - Hotel tempat Presiden Joko Widodo menginap di Hong Kong menjadi sasaran aksi demonstrasi TKI yang kecewa.

Sekitar 30 TKI yang berprofesi sebagai asisten rumah tangga melakukan aksi protes di depan hotel tempat Jokowi menginap dalam kunjungan dua harinya di Hong Kong, Senin (1/5/2017).

Para TKI tersebut menyampaikan kekecewaan atas sikap Jokowi yang tak berniat bertemu dengan mereka yang ingin menyampaikan keluh kesah.

Kekecewaan lebih karena mereka telah menyiapkan sebuah petisi untuk ditandatangani Jokowi yang mendesak lingkungan kerja aman bagi TKI.

Pengajuan petisi tersebut diwakili Jaringan Buruh Migran Indonesia (JBMI).

Menurut Kepala Aliansi Buruh Migran Internasional (IMA) Eni Lestari, petisi tersebut sebenarnya sudah diajukan sejak Minggu (30/4/2017), hari pertama kedatangan Jokowi.

Namun, maksud pengajuan petisi itu malah dihalangi pasukan pengamanan di sana.

Padahal, petisi tersebut berisi keluhan dan masalah yang para TKI hadapi selama di Hong Kong, yang diharapkan bisa dibahas Jokowi dalam kedatangannya itu.

"Kami selama ini sudah terisolasi atas pekerjaan dan lokasi pekerjaan kami, tapi pemerintah, bahkan ketika mereka sudah ada di hadapan kami, tidak berpikir bahwa suara kami penting," kata Eni Lestari.
"Beliau harus mendengarkan suara para buruh dan memahami masalah mereka," tambahnya.

Para pendemo tersebut juga mengkritik Jokowi yang dianggap gagal membahas soal masalah keadaan lingkungan kerja para TKI di Hong Kong.

Selain mendesak untuk menjamin lingkungan kerja yang aman, JBMI juga meminta pemerintah untuk membuat sebuah sistem yang dapat menampung keluhan TKI dan mengatur kompensasi.

Pemerintah juga diminta agar agen-agen penyalur TKI yang melanggar kontrak kerja dengan TKI ditindaklanjut secara hukum.[tn]

Powered by Blogger.