Header Ads

Ad Home

Loading...

Lima Cara Tepat Agar Anak Tidak Mudah Sakit

Anak adalah anugrah. Kewajiban Para orangtua adalah menjaga mereka dengan sebaik-baiknya dari hal-hal yang berbahaya. Salah satunya adalah dengan menjaga mereka dari resiko terserang penyakit. Karena Anak-anak memang rentan sekali terinfeksi berbagai bakteri, virus, jamur dan parasit. Hal demikian terjadi karena pada umumnya anak-anak senang sekali bermain ditanah dan disembarang tempat.namun jika mereka memiliki kekebalan tubuh yang baik, maka mereka akan lebih kuat dan tidak mudah sakit. Sebuah sistem kekebalan yang kuat memberikan anak dengan pertahanan alami untuk melawan penyakit.

Jika anda mendapati anak anda sering menderita pilek konstan, flu berulang, infeksi telinga, gangguan perut, dan masalah kesehatan lainnya, itu berarti bahwa pertahanan kekebalan anak Anda lemah. Berikut ini cara agar anak anda tidak mudah sakit:

  1. Ibu wajib menyusui bayinya: ASI adalah cara Terbaik untuk meningkatkan kekebalan tubuh anak. ASI mengandung protein, gula dan lemak yang dibutuhkan anak. ASI juga memiliki antibodi dan sel darah putih, yang keduanya berfungsi meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan membantu melawan penyakit. Sebuah studi 2002 yang dilakukan oleh peneliti Australia menemukan bahwa menyusui memiliki pengaruh positif pada pengembangan sistem kekebalan tubuh bayi. Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) dan UNICEF merekomendasikan enam bulan ASI eksklusif diikuti oleh ASI parsial untuk satu tahun lagi. Dibandingkan dengan bayi yang diberi ASI, bayi yang diberi susu formula lebih rentan untuk menderita infeksi telinga tengah, pneumonia, flu perut, dan masalah lainnya.
    Lima Cara Tepat Agar Anak Tidak Mudah Sakit
  2. Berikan Anak asupan buah dan Sayuran yang cukup: sebagai orangua yang baik hendaknya anda memperhatikan apa yang dikonsumsi anak sejak dini. Untuk Meningkatkan kekebalan tubuhnya, berikan anak buah-buahan dan sayuran seperti apel, wortel, ubi jalar, kacang-kacangan, brokoli, kiwi, melon, jeruk dan stroberi. Cobalah untuk membiasakan anak Anda agar mengkonsumsi lima porsi buah dan sayuran setiap hari. Satu porsi adalah sekitar 1 cangkir. Selain itu Kacang-kacangan, dan makanan lain yang kaya vitamin A, B2, B6, dan C, seng, selenium, dan asam lemak esensial juga membantu memperkuat sistem kekebalan tubuh. Hindari makan makanan anak Anda yang diproses dan sarat dengan gula, seperti kue, kotak sereal dan soda.
  3. Usahakan anak bisa beristirahat dan tidur yang cukup: Istirahat dan tidur yang cukup sangat penting untuk pertumbuhan anak. Kurang tidur rentan terhadap serangan penyakit. Sebuah studi yang diterbitkan dalam 2012 Pflügers Archiv European Journal of Physiology menemukan bahwa tidur memberikan pengaruh regulasi yang kuat pada imunitas. Bayi yang baru lahir membutuhkan hingga 18 jam tidur per hari. Anak-anak usia diatas 2 tahun membutuhkan antara 10 sampai 14 jam tidur per hari. Matikan lampu saat tidur dan tidurkan anak dalam ruang yang memiliki ventilasi yang cukup.. Tidur di kegelapan bermanfaat untuk meningkatkan produksi hormon melatonin yang juga berfungsi sebagai antioksidan kuat. Selain itu, hindari semua perangkat elektronik seperti gadget, computer serta permainan di kamar tidur anak Anda.
  4. Latih dan biasakan anak Berolahraga: Latihan dan olahraga adalah cara yang baik untuk menjaga kesehatan anak. Dengan berOlahraga secara teratur (30 menit setiap hari) mampu meningkatkan sistem kekebalan tubuh pada anak. Untuk membantu anak Anda mengembangkan minat dalam berolahraga, Anda perlu menjadi panutan dan contoh. Berjalan, lari, jogging atau bersepeda selama 30 menit setiap hari adalah beberapa contoh yang terbaik dari latihan fisik untuk seluruh keluarga. Anda juga dapat mendaftarkan anak Anda di kelas renang, kelas tenis atau olahraga lain pilihannya.
  5. Berendam dalam Air dan berjemur Sinar Matahari setiap hari: Alam adalah sebuah stimulator imun yang sangat baik. Jadi, mengekspos anak Anda ke alam Berguna untuk menyehatkan tubuh dan meningkatkan sistem kekebalan tubuhnya. Mayoritas anak-anak di AS kekurangan vitamin D. Orang dengan kekurangan vitamin D berada pada risiko lebih sering sakit. Kekurangan vitamin D berhubungan dengan asma, kanker, berbagai penyakit autoimun dan lebih rentan terhadap infeksi. Anda dapat memastikan anak Anda mendapatkan jumlah yang diperlukan vitamin D secara alami dengan mengekspos lengan dan wajahnya ke matahari selama 20 menit setiap hari. Namun, pastikan itu adalah matahari pagi. Selain itu, pagi udara segar yang baik untuk tubuh dan pikiran anak Anda. Membawa anak Anda untuk jalan-jalan di hutan, negara atau taman. Biarkan anak Anda berjalan, melompat, menari dan memanjat. Memungkinkan mereka untuk berjalan tanpa alas kaki di rumput. Hal ini juga akan meningkatkan kekuatan peningkatan dan kelincahan.
  6. 6. Berikan perhatian dan kasih saying yang cukup: Cinta dan kasih sayang merupakan salahsatu point penting untuk pembangunan secara keseluruhan perkembangan dan sistem kekebalan tubuh anak. Anak Anda membutuhkan cinta dan perasaan memiliki kehidupan yang bahagia dan aman. Perasaan positif dan bahagia telah ditemukan untuk merangsang sel-sel sistem kekebalan tubuh. Jangan ragu untuk menunjukkan cinta dan peduli untuk anak Anda., pelukan, pijat, sentuhan dan ciuman anak Anda sering. Menghabiskan waktu dengan anak Anda dan mencoba untuk bermain dengan dia. Makanlah setidaknya satu kali makan bersama-sama setiap hari dan berbicara dengan dia tentang kegiatan sehari-hari.

Powered by Blogger.