Header Ads

Ad Home

Loading...

Cara Membuat Pupuk Dan Pestisida Organik Dari Cangkang Telur

Cangkang telur adalah salah satu limbah rumah tangga. Banyak dari kita yang tidak tahu cara memanfaatkan limbah cangkang telur tersebut. Seringkali kita membuangnya begitu saja. padahal cangkang telur sebenarnya bisa dimanfaatkan untuk membuat pupuk organik yang baik untuk tanaman sayur dan buah. Selain itu, Cangkang telur juga bisa dimanfaatkan untuk membuat pestisida alami. Nah.. mulai sekarang untuk para ibu dirumah, jika anda memiliki cangkang telur sebaiknya jangan dibuang. Kumpulkan saja dan manfaatkan untuk membuat pupuk dan pestisida alami.

Cangkang atau kulit telur kaya akan kalsium yang baik untuk kesuburan tanaman. Cangkang/kulit telur tersebut dapat hancur dengan sendirinya dan menyebar di tanah sehingga menjadi pupuk yang mengandung kalsium tinggi yang dibutuhkan oleh tanaman. Cangkang telur juga mengandung berbagai macam jenis mineral. Anda bisa menggunakan cangkang telur untuk menyuburkan tanah. 

Untuk membuat pupuk organik Caranya adalah sebagai berikut:
Cara Membuat Pupuk Dan Pestisida Organik Dari Cangkang Telur

  1. Hancurkan cangkang sampai menjadi beberapa potongan kecil hingga menjadi lembut atau serbuk, lalu taburkan di area yang akan di tanami.
  2. Masukkan cangkang telur ke dalam pot-pot kemudian tutupi dengan tanah. Tanaman seperti buah, sayuran atau bunga bisa menjadi sangat subur.

Untuk membuat Pestisida organic caranya adalah sebagai berikut:
Penggunaan pestisida dikalangan petani sayur dan buah saat ini sudah sangat menghawatirkan. Sebelum mengkonsumsi sayur dan buah sebaiknya kita mencucinya dengan bersih. Penggunaan pestisida organik jauh lebih baik daripada yang non alami/kimia. Maka sebaiknya gunakan hanya pestisida alami saja untuk mengusir tanaman sayur dan buah yang anda tanam di pekarangan rumsh. Sahabat.. tahukah anda ternyata kulit telur bermanfaat juga untuk mengusir hama seperti siput, lalat dan hama ulat. Caranya: taburkan serbuk cangkang telur ketanaman sayur dan buah anda dibagian akar atau daun. Maka hama akan menjauh dari tanaman anda. Menaburkan serbuk cangkang telur harus teratur 2 kali sminggu. Agar mendapatkan hasil yang maksimal.
Sebarkan informasi ini smoga bermanfaat

Powered by Blogger.