Header Ads

Ad Home

Loading...

Anjuran Untuk Para Ibu Agar Menggendong Bayi Saat Magrib Tiba

Para ibu yang baik, apakah anda pernah mendengar pesan orangtua dahulu bahwa ketika waktu Maghrib tiba, hendaknya kita menggendong bayi atau anak balita kita. Mereka biasanya meminta kita untuk segera memeluk atau menggendong anak-anak sampai waktu Maghrib berlalu? Ternyata Ini bukan hanya sekadar wejangan orangtua yang berbau mitos saja, tapi ternyata hal itu mengandung hikmah yang baik. Saya berharap isi artikel ini dapat menambah pengetahuan anda dan memberikan inspirasi positif bagi kehidupan keluarga anda.

Anjuran menggendong bayi ini juga sudah dijelaskan oleh Rasulullah SAW. dalam sabdanya :
 “Bila malam datang, tahanlah anak-anak kalian karena sesungguhnya setan menyebar kala itu! Dan jika sesaat waktu malam telah berlalu, lepaskanlah mereka. Tutuplah pintu dan bacakanlah nama Allah! Karena sesungguhnya setan tidak bisa membuka pintu yang tertutup. Tutuplah bejana-bejana kalian dan bacakanlah nama Allah meski engkau akan menghidangkannya. Dan padamkanlah lampu kalian.” (Hadist Riwayat Al Bukhari dan Muslim)

anjuran untuk para ibu agar menggendong bayi saat magrib tiba
Dijelaskan dalam redaksi yang lain bahwa matahari tenggelam diantara dua tanduk setan. Pada saat Maghrib ini dikatakan bahwa setan-setan menyebar mencari tempat untuk berlindung. Nah, kalau pada saat Maghrib rumah-rumah tidak ditutup dengan menyebut nama Allah ada kemungkinan besar rumah tersebut bisa dimasuki setan.

Mungkin diantara kita pernah menemui bayi yang menangis terus sejak Maghrib hingga malam. Bayi yang menangis tanpa sebab yang jelas (bukan karena mengompol, haus atau sakit), bisa jadi karena diganggu setan. Alangkah baiknya kita sebagai orangtua membentengi anak kita dari ganguan jin dan setan. Dengan membiasakan menyalakan murotal Al-Qur’an surat Al-Baqarah sebelum menjelang magrib. Dan setelah magrib sebaiknya anda meneruskan dengan bertilawah.
Saya sendiri pernah menyaksikan, ada seorang bayi yang menangis terus menerus sejak magrib hingga isya. Sebabnya ternyata, karena si Ibu bayi duduk di teras rumah sambil memangku bayinya dan baru masuk kerumah selepas adzan magrib.

Nah Sahabat.. sebaiknya anda mengikuti anjuran ini. Gendong bayi anda dan masuklah kerumah sebelum waktu magrib tiba. Agar bayi anda tidak mendapatkan gangguan dari hal-hal yang tidak di inginkan. Semoga bermanfaat..

Powered by Blogger.