Header Ads

Ad Home

Loading...

Semakin Lama Menonton Tv, Semakin Besar Kemungkinan Anda Terdiagnosis Sindrom Metabolik

Salah satu kegiatan yang menyenangkan saat liburan adalah menonton TV bersama keluarga. Apalagi jika ditemani berbagai macam camilan olahan rumah. Menonton TV sangat boleh dilakukan, namun kita harus mengetahui batasan waktu yang dianjurkan. Jangan sampai kegiatan menyenangkan ini, menjadi sesuatu yang bisa merugikan kita dikemudian hari. Karena diakui atau tidak, ternyata kegiatan yang satu ini dapat berdampak buruk juga pada kesehatan kita.

Dilansir dari klikdokter.com, sejumlah penelitian menunjukkan semakin banyak waktu yang Anda habiskan untuk menonton TV, maka semakin besar kemungkinan Anda untuk terdiagnosis dengan sindrom metabolik – yang disertai dengan tingginya kadar kolesterol serta kelebihan berat badan. Hal ini berlaku untuk anak-anak maupun orang dewasa.
semakin lama menonton tv, semakin besar kemungkinan anda terdiagnosis sindrom metabolik

Lebih dari 20 tahun yang lalu, sebuah studi yang dilakukan oleh para peneliti di Johns Hopkins University School of Medicine, Amerika bersama dengan para ahli di CDC dan National Institutes of Health, menyimpulkan bahwa berat badan anak akan meningkat apabila ia menghabiskan waktu dengan menonton TV selama berjam-jam. Hal tersebut akan jadi sebuah masalah pada Dua dekade kemudian.

Pada study tersebut juga diteliti apakah gejala sindrom metabolik dan tingginya kadar kolesterol akan memburuk jika seseorang meningkatkan jumlah waktu menonton TV selama lima tahun. Mereka membagi partisipan ke dalam dua kelompok: pertama, Mereka yang meningkatkan waktu menonton TV selama lima tahun; kedua, Mereka yang tidak meningkatkan waktu menonton TV.
Gejala sindrom metabolik dan kolesterol kemudian dibandingkan antara kedua kelompok. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peningkatan jam menonton TV memiliki efek yang tidak sehat pada tekanan darah dan lingkar pinggang seseorang.

Nah sahabat.. ini berarti jika Anda mulai berpikir ingin merubah kebiasaan berlama-lama di depan TV, untuk mengatasi kadar kolesterol Anda, mulai dari sekarang kurangilah waktu duduk Anda di depan TV saat anda libur dirumah. Sebaiknya Lakukan olahraga secara teratur, minimal tiga kali seminggu. Anda tidak harus melakukan olahraga yang berat dengan durasi waktu yang lama. Setiap harinya anda hanya perlu menyediakan waktu selama 30 s/d 60 menit untuk olahraga santai, seperti lari, berenang, dan bersepeda. Berolahraga bersama keluarga atau sahabat adalah hal saya rasa lebih menyenangkan dibandingkan dengan menonton TV.

Semoga bermanfaat..

Powered by Blogger.