Header Ads

Ad Home

Loading...

Lima Langkah Mengatasi Suara Berdecit Pada Motor Matic

Jika anda memiliki motor matic, mungkin anda pernah mengalami suara berdecit pada saat akan menjalankan sepeda motor. Terkadang kita merasa risih dengan suara tersebut. Suara berdecit ini berasal dari V-belt sepeda motor matic itu sendiri. Untuk menghilangkan suara berdecit pada motor matic kita bisa melakukan beberapa hal seperti berikut :

  1. Pertama buka penutup bak V-belt dengan menggunakan kunci-kunci yang di butuhkan, pada umumnya beberapa jenis motor matic memiliki baut yang berbeda maka sesuaikan dengan baut penutup bak sepeda motor anda.
    Lima Langkah Mengatasi Suara Berdecit Pada Motor Matic
  2. Kemudian bersihkan V-belt dengan menggunakan cairan khusus pembersih V-belt atau V-belt cleaner.
  3. Jika masih mengeluarkan bunyi periksa lebih detil dan cari sumber bunyi nya. Biasanya bunyi juga bersumber pada oli atau minyak gemuk yang bocor.
  4. Pastikan kondisi permukaan sentuh pulley depan dan pulley belakang masih normal begitu pula dengan kondisi V-belt nya.
  5. Terakhir cek jika ada seal yang bocor yang memungkinkan terjadi gesekan antara logam dengan logam secara langsung, karena vaselinn nya keluar. Bila terjadi hal itu ganti seal di sekitar pulley depan dan belakang juga vaselin nya.

Itulah beberapa cara yang bisa kita lakukan jika sepeda motor matic mengalami suara berdecit. Suara berdecit yang timbul terkadang mengurangi kenyamanan berkendara. Maka dari itu komponen V-belt pada sepeda motor matic juga perlu di perhatikan agar berkendara menjadi lebih tenang dan juga mengurangi resiko kerusakan lebih parah pada bagian V-belt motor matic itu sendiri. Semoga bermanfaat.

Powered by Blogger.