Header Ads

Ad Home

Jangan Lakukan 7 Hal Ini Ketika Anda Menyimpan Makanan Di Lemari Es

Memiliki lemari pendingin atau kulkas saat ini sudah menjadi bagian dari gaya hidup Untuk mengawetkan makanan secara alami kita selalu menggunakan alat elektronik yang satu ini. Sebenarnya penyimpanan makanan dalam lemari es tidak sepenuhnya aman. Dan tahukah anda, ternyata Lemari es tidak mematikan bakteri, melainkan hanya mempelambat pertumbuhannya. Sebab, ada jenis bakteri yang memiliki spora dan dapat bertahan hidup dalam suhu di bawah minus nol derajat celcius. Jika menyimpan makanan didalam ruang penyimpanan baik refrigerator maupun freezer tidak benar, maka bakteri yang tercipta akibat kontaminasi dari makanan lain, air, kotoran, debu dan serangga, akan tetap hidup sehingga menyebabkan pembusukan makanan dan penyakit. Dua masalah ini, ternyata tak bisa diatasi begitu saja melalui proses memasak.

Sahabat segala masalah tersebut sebenarnya dapat diminimalisir jika kita mengetahui cara yang benar menyimpan makanan dalam lemari es. Mulai saat ini hindari 7 hal yang salah ketika menyimpan makanan di dalam lemari es. Berikut penjelasannya:
  1. Jangan Mencampur semua jenis makanan. makanan tidak boleh dicampur antara yang matang dan yang mentah. Bagian atas adalah makanan yang matang dan siap saji. Sedangkan dibagian bawah adalah untuk menyimpan daging segar utuh seperti ikan dan daging sapi, di bawahnya lagi irisan daging, dan terakhir daging unggas. irisan daging harus diletakkan di rak urutan ketiga, agar tidak ada cairan yang mengalir atau menetes dan mengkontaminasi makanan lain.
  2. Tidak memperhatikan suhu yang tepat. Suhu udara refrigerator setidaknya harus 1 derajat celcius lebih rendah daripada suhu yang diinginkan. Misalnya, Anda disarankan menyimpan daging unggas pada suhu 5 derajat celcius. Maka suhu udara dalam refrigerator minimal harus 4 derajat celcius. Jika Anda pemilik usaha di bidang kuliner, Anda harus selalu memastikan suhu unit pada refrigerator maupun freezer dalam posisi tepat. 
    jangan lakukan 7 hal ini ketika anda menyimpan makanan di lemari es
  3. Jangan Menyimpan makanan panas di dalam refrigerator atau freezer. Makanan yang akan di simpan sebaiknya didinginkan terlebih dahulu di suhu ruangan. Masukkan makanan ke dalam wadah yang dangkal, atau bagilah makanan ke dalam wadah-wadah kecil agar lebih cepat dingin. Tunggu hingga uapnya benar-benar telah menghilang sebelum memasukkannya ke dalam lemari es.
  4. Jangan Menyimpan makanan terlalu banyak. Alasannya menyimpan makanan terlalu banyak hanya akan membuat sirkulasi udara dan mesin pendingin bekerja lebih keras. Simpan tiap bahan makanan pada rak penyimpanan yang benar sesuai jenisnya. Misalnya, sekarang ini bahkan ada kulkas yang memiliki storage khusus untuk menyimpan kosmetik, atau obat-obatan. Pastikan agar masing-masing jenis barang berada di lokasinya masing-masing.
  5. Jangan membiarkan lemari es kotor dalam waktu yang lama.Tidak membersihkan lemari es secara rutin. Pada rak di dalam lemari es sering terlihat genangan air akibat tetesan air, kuah, atau saus dari makanan. Kondisi yang lembab dan kotor inilah yang menyebabkan kulkas menjadi sumber bakteri, dan membuat rak makin sulit dibersihkan. Pastikan juga agar lemari es tetap dalam tetap bersih dan kering.
  6. Jangan menyimpan makanan di lemari es ketika anda meninggalkan rumah dalam jangka waktu yang lama. Apabila Anda berniat bepergian ke luar kota selama beberapa hari, pastikan Anda sudah memindahkan barang-barang dari dalam kulkas, dan simpan di tempat lain. Kemudian, cabut stop kontak lemari es agar Anda tidak menghabiskan listrik dengan percuma. Dan agar makanan yang sudah tidak segar tidak membuat lemari es atau kulkas anda menjadi bau.
  7. Jangan menyimpan makanan yang dibungkus plastik kresek. Menyimpan makanan di dalam plastik kresek dan tidak membukanya akan membuat sayuran atau buah cepat rusak dan cepat layu. Jika buah dan sayuran layu akan mempengaruhi nilai gizi yang terkandung di dalamnya.

Semoga bermanfaat, artikel ini wajib di ketahui oleh para ibu atau bunda dirumah. Silahkan di share..

Powered by Blogger.