Header Ads

Ad Home

Empat Penyebab Adanya Bercak Biru Lebam Atau Memar Secara Tiba-Tiba Pada Bagian Tubuh Anda

NegeriNews - Pengalaman munculnya bercak biru lebam atau memar pada salah satu tubuh kita yang munculnya secara tiba-tiba tersebut, mungkin banyak yang pernah mengalaminya. Tapi apakah Kamu percaya sebelumnya lokasi badan yg mengalami memar tersebut tidak pernah mengalami benturan? Memar atau perdarahan di bawah kulit, yg dalam dunia kedokteran dikenal dgn nama petekie/ hematom, dapat timbul akibat pecahnya pembuluh darah kecil/ ataupun gede dibawah kulit. 

Memar tanpa sebab jelas ini memang lah bisa sembuh sendiri, namun bisa pula juga sebagai pertanda adanya penyakit serius, contohnya hemofilia. Jadi, bukan karena dijilat/dicubit setan seperti yg dipercayai banyak orang selama ini. Kita sering melihat atau mungkin mengalami memar yg tiba-tiba muncul tanpa sebab, contohnya di tangan atau kaki. Memang orang awam menyebut luka lebam ini akibat jilatan/dicubit setan. Segelintir orang bahkan mengaitkan keadaan ini dgn masalah klenik. 

Bercak biru ini adalah penggumpalan darah akibat pecahnya dinding pembuluh darah. Umumnya ditemukan di tungkai kaki atau lengan & tidak menyebar ke bagian badan lainnya. Keadaan ini seringkali terjadi kepada perempuan ketimbang cowok. 

Berita baiknya, memar tak berbahaya & bisa hilang sendiri tanpa diobati. Keadaan ini juga tak berkaitan bersama penyakit lain. Hanya saja, bercak ini bisa timbul lagi, & kadang bersamaan bersama siklus menstruasi. Buat mendalami terjadinya penggumpalan darah, tubuh harus mempertahankan supaya darah konsisten berbentuk cairan & terus mengalir dalam sirkulasi darah. hal itu dipengaruhi oleh keadaan pembuluh darah, jumlah & keadaan sel darah trombosit, serta mekanisme pembekuan darah yg mesti baik. Kepada kasus memar, penggumpalan darah atau pendarahan dapat berlangsung kalau fungsi salah satu atau lebih dari ke3 elemen tersebut terganggu.

Banyak pula ditemukan, pasien memar mempunyai pembuluh darah kapiler yg rentan maka memudahkan terjadinya penggumpalan darah. Waktu pembuluh darah rusak, darah bakal bocor ke daerah sekelilingnya. Darah tersebut condong utk berkoagulasi atau menggumpal. Ini yg menyebabkan terjadinya bercak biru atau memar," tuturnya. 
    empat penyebab adanya bercak biru lebam atau memar secara tiba-tiba pada bagian tubuh anda
  1. Stres dan kelelahan. Beberapa hal dapat menyebabkan penggumpalan darah. Yg paling mudah yakni trauma atau benturan secara fisik. Tapi, tak menutup kemungkinan penggumpalan berlangsung lantaran factor lain. Banyak orang yg mengaku mengalami bercak biru jika sedang stres, terlalu lelah, atau karena alergi. Utk mengatasinya, ya dikurangi saja tingkatan stresnya atau perbanyak istirahat. 
  2. Efek Obat-obatan. Pengaruh obat-obatan juga bisa menyebabkan timbulnya memar atau bercak biru di kulit. Seperti dijelaskan dalam situs kesehatan MayoClinic, beberapa obat pengencer darah seperti warfarin, aspirin, clopidogrel, dan prasugrel dapat meningkatkan potensi perdarahan, sehingga membentuk bercak biru di kulit. Obat-obatan jenis tersebut memang berfungsi mencegah penggumpalan darah atau sebagai pengencer darah. Tapi, ada juga risikonya, antara lain jika terjadi perdarahan atau darah bocor dari pembuluh kapiler akan lebih sulit dihentikan. Apalagi jika orang yang mengonsumsinya memiliki pembuluh darah yang mudah pecah. Tubuh tidak bisa dengan cepat memperbaiki pembuluh darah yang rusak. Ditambah lagi darah yang encer mengalir terus keluar.
  3. Obat jenis kortikosteroid juga membuat lapisan kulit menjadi lebih tipis, yang artinya menambah risiko terjadinya memar. Meski sering digunakan untuk menangani Purpura Trombositopenia Idiopatik, obat ini juga memiliki efek samping. Untuk itu, hubungi dokter ahli jika Anda mengalami bercak memar setelah mengonsumsi obat jenis kortikosteroid. Bahkan, beberapa suplemen yang berasal dari bahan alami juga diduga bisa meningkatkan terjadinya memar. Suplemen seperti minyak ikan dan ginkgo biloba memiliki khasiat untuk mengencerkan darah. Bila suplemen ini dikonsumsi orang yang juga mengasup obat yang berkhasiat mengencerkan darah, perdarahan bisa tak terhindarkan. Karena itu, orang yang sering mengalami bercak biru atau memar sebaiknya berkonsultasi dengan dokter sebelum mengonsumsi suplemen.
  4. Faktor Umur. Perihal umur juga mampu menciptakan darah mudah menggumpal. Makin tua seseorang, fungsi pembuluh darah ikut menurun. Lapisan kulit juga kehilangan banyak jaringan lemak yg sanggup melindungi pembuluh dari benturan.

Powered by Blogger.