Header Ads

Ad Home

Masalah dan Dampak Berbahaya Penggunaan Rice Cooker Bagi Kesehatan

Rice cooker adalah sebuah alat elektronik yang digunakan untuk menanak nasi. Alat ini sudah begitu populer di dunia, penggunanya bukan hanya orang kota tapi sampai pelosok desapun sekarang kerap menggunakan alat ini untuk memasak nasi. 

Dengan alat ini menanak nasi terasa lebih mudah dan praktis serta higienis. Model danfungsinya juga makin beragam.Jika dulu rice cooker hanya digunakan sebagai penanak nasi dan penghangat, kini fungsinya mulai berkembang. Dapat menghangatkan lauk, mengukus dan membuat bubur.

Sebenarnya ada 2 jenis penanak nasi elektronik, rice cooker dan magic com atau magic jar. Pada dasarnya kedua alat tersebut mempunyai fungsi yang sama, yaitu memasak dan menghangatkan nasi. Bedanya, rice cooker penanak nasi dengan panic dalam tanpa dilapisi anti lengket, dengan kata lain nasi dapat lengket. Sedangkan magic com, dilapisi bahan anti lengket. Selain itu rice cooker mampu menghangatkan nasi sampai 24 jam, sedangkan magic com atau magic jar hingga 48 jam.Seperti di artikel sebelumnya tentang bahaya penggunaan dispenser yang berjudul “bersihkan dispenser anda sekarang jika tidak ingin mengalami hal berbahaya ini”. Artikel kali ini akan membahas tentang dampak berbahaya penggunaan rice cooker bagi kesehatan. Berikut informasinya:
  1. Memicu timbulnya penyakit diabetes melitus. Proses pemanasan dengan elemen listrik pemanas dalam wadah tertutup rapat dan hanya diberi sedikit lubang uap (pemanasan secara steem), menyebabkan pemanasan dengan Magic com temperaturnya akan jauh lebih tinggi dari memasak nasi seperti biasa (ditanak dahulu baru dikukus). Dampaknya zat carbohydrat dalam nasi yang dipanaskan dalam temperatur tinggi, apabila dikonsumsi akan meningkatkan kadar gula dalam darah.Fenomena saat ini banyak anak muda dan remaja terkena penyakit gula (Diabetes Mellitus) adalah salahsatu dampak dari budaya penggunaaan Magic com/Rice Cooker selama ini dalam nasi keluarga.Bagi keluarga yang sudah menjadi korban atau ada anggota keluarganya yang mengalami penyakit diabetes melitus ini, sekarang banyak yang beralih lagi menggunakan alat penanak nasi biasa.
    masalah dan dampak berbahaya penggunaan rice cooker bagi kesehatan
  2. Dapat menyebabkan kanker. Zat kimia pada lapisan antil engket mengandung berbagai logam yang berbahaya seperti mercury danzat PFOA yang mengandung karsinogen. Bahwazat kimia/metal yang terkandung dalam lapisan anti lengket adalah perfluorooctanoic acid (PFDA). Zat tersebut dapat terkelupas dan bercampur dengan nasi. Sangat berbahaya Apabila termakan dan masuk kedalam tubuh karena bersifat karsinogen yang dipercaya oleh US EPA dapat menyebabkan kanker.
Sahabat Rumah salam.. bukan berarti kita meninggalkan total alat ini atau tidak menggunakannya samasekali. Dalam kondisi tertentu masih boleh dipergunakan, namun Sebaiknya anda menggunakan peralatan masak yang food grade. Untuk harga mungkin terbilang lebih mahal, tapi itu efectnya Lebih aman bagi kesehatan dan aman bagi keluarga kita. Jika bermanfaat silahkan share ke yang lain. 

Mari selamatkan keluarga dan kesehatan generasi muda Indonesia...!

Powered by Blogger.