Header Ads

Ad Home

Loading...

Anak Anda Suka Jajanan Atau Cemilan, Berhati-Hatilah dan Hindari Jenis Jajanan Ini

Saat ini dengan semakin maraknya jajanan atau cemilan di warung-warung atau di mini market terkadang para orangtua tidak terlalu memperhatikan jajanan-jajanan yang di konsumsi oleh anak-anak mereka. Padahal tidak semua jajanan yang mereka beli aman bagi mereka. Karena ada banyak jajanan yang mengandung zat berbahaya didalamnya. 

Berdasarkan pengalaman pribadi, hari ini Saya baru membaca sebuah informasi dari seorang netizen bahwasannya ada beberapa jajanan yang harus di hindari oleh anak-anak dibawah lima tahun/balita, harus di hindari juga oleh ibu hamil dan ibu menyusui. Karena jika jajanan tersebut di konsumsi dalam jangka waktu yang panjang, akan merusak organ tubuh seseorang. Jadi tambah hawatir lagi ketika saya melihat jenis jajanan berbahaya tersebut, ternyata jajanan yang sering di konsumsi oleh anak saya juga yang masih berusia 3 tahun. Ya Allah.. Selama ini saya benar-benar tidak memperhatikan Kemasan atau pembungkus makanan atau jajanan yang sering anak saya konsumsi. Berikut ini adalah jajanan yang berbahaya jika dikonsumsi oleh anak-anak dibawah lima tahun, ibu hamil dan ibu menyusui:
  1. Gery cocolate: Pada jajanan ini terdapat kandungan pemanis buatan yang berbahaya bagi tubuh. Coba lihat tulisan yang tertera di kemasan. Disitu tertulis “mengandung pemanis buatan disarankan tidak dikonsumsi oleh anak usia dibawah 5 (lima) tahun, ibu hamil dan ibu menyusui.
    anak anda suka jajanan atau cemilan, berhati-hatilah dan hindari jenis jajanan ini
  2. Kacang atom garuda: tulisan yang tertera dalam plastik kemasan bagian belakang sebelah kiri. Tulisan peringatannya masih sama seperti yang tertulis dalam kemasan gery cocolate.
  3. Sirup ABC squas delight: anda mungkin tidak pernah menyadari bahwa di kemasan botol sirup ABC rasa jeruk, tulisan peringatan itu sangat kecil bahkan kalau tidak diperhatikan dengan seksama, nyaris tidak terlihat.
  4. Okky jelly drink: minuman ini mungkin tidak asing bagi anda, anak-anak kita juga sering mengkonsumsi minuman dalam kemasan gelas ini. Zat kandungan berbahaya, tertera di penutup kemasan gelas.

Sebenarnya bukan hanya merk jajanan di atas yang berbahaya untuk balita, ibu hamil dan menyusui. Masih banyak jenis jajanan yang ada di luar yang tidak sehat untuk di konsumsi. Yang jelas sebagai orangtua yang memiliki anak, sebagai kakak yang memiliki adik balita, atau seorang suami yang memiliki istri hamil dan yang sedang menyusui, kita harus jeli dan memperhatikan apapu yang dikonsumsi oleh mereka.

Melarang anak untuk tidak membeli jajanan memang tidak mudah. Apalagi jika mereka sudah terbiasa membeli jajanan tertentu. Namun hal itu bisa disiasati dengan mengenalkan jajanan yang lebiih sehat dan lebih aman. 

Powered by Blogger.