Header Ads

Ad Home

Alasan Harus Menghentikan Pemberian Susu Menjelang Tidur Dengan Botol Atau Dot

Bagi para orang tua yang terbiasa memberikan susu formula pada buah hati yang masih batita kini harus berhati-hati. Atau juka perlu dan menurut anda itu berbahaya pada kesehatannya, sebaiknya penggunaan botol susu menjelang tidur harus dihentikan. Karena hal tersebut bisa menjadi penyebab kerusakan gigiya. Bukankah sebagai orangtua, anda ingin memberikan yang terbaik pada mereka? 

Menurut Dr. Prihartini Widiyanti, drg., S.Bio, M.Kes, CCD, Botol susu dikatakan berbahaya karena dapat menjadi penyebab kerusakan gigi pada bayi anda. Kebiasaan memberikan susu formula dengan botol Menjelang tidur Adalah factor utama perusak gigi pada batita. Mengapa hal ini bisa terjadi? Cairan manis, entah itu susu, sari buah, atau minuman lain yang ada di botol susu akan menempel di gigi si kecil yang hendak tidur. Cairan manis itu bila tersimpan di dalam mulut dalam jangka waktu yang lama akan bereaksi dengan kuman-kuman hal tersebut yang menyebabkan pengikisan lapisan gigi dan noda kecoklatan di gigi.
alasan harus menghentikan pemberian susu menjelang tidur dengan botol atau dot
Jika anda ingin memberikan susu pada batita sebelum tidur, Sebaiknya anda biasakan memberi si kecil minum susu dengan menggunakan cangkir lalu setelah minum susu berikan ia air mineral, Mengenalkan cangkir akan menghindarkan kebiasaan minum dengan botol susu. Sedangkan minum air mineral setelahnya akan melarutkan sisa manis susu yang menempel pada giginya.

Biasakan batita membersihkan giginya sebelum tidur, kebiasaan baik ini akan menjaga kesehatan giginya agar tak berlubang. Menggunakan dot boleh saja jika batita dalam keadaan terjaga di siang hari, namun anda tetap harus memperhatikan bentuk dot dan bahan dot yang ada di botol susu. pilihlah dot yang sesuai untuk tumbuh gigi balita agar tidak mengganggu pertumbuhan giginya. Tak perlu takut si kecil akan rewel saat Anda mencoba memutus hubungan antar dirinya dan botol susu. Sikap yang konsisten dan tegas diperlukan pada situasi ini. Dengan begitu anak akan tahu dan belajar bagaimana mengendalikan keinginan minum susu dari botol menjelang tidur. Mereka jadi paham bahwa minum susu dengan dot menjelang tidur itu tidak diperbolehkan.

Powered by Blogger.